Daeng Mangemba Nattisoang (P. Penatas Angin) Adalah Keturunan Dari Raja Goa Ke - 9

GROBOGAN, Jum'at (9/4/2021) Lingkaran Media - Pangeran Penatas Angin adalah julukan bagi Daeng Mangemba Nattisoang seorang yang keturunan dari Raja Goa ke - 9, dari seorang Raja yang bernama Karaeng Tumapa'risi Kallona (1491 - 1527) dengan I Malati Daeng Bau. Beliau mempunyai ilmu yang bisa menghalau angin atas bimbingan dari gurunya yang bernama Daeng Pomatte, beliau datang ke Jawa untuk bergabung bersama Laskar Demak.

Di Laskar Demak beliau bersama Kyai Sulasi yang Laskar tersebut dipimpin oleh Pati Unus, untuk melawan penjajah Pertugis di selat Malaka (1 Januari 1513), gelar Pangeran Penatas Angin dari pemberian Pati Unus karena beliau membantu Laskar Demak dari amukan badai topan laut di perairan selat Malaka saat penyerbuan ke Malaka.

Daeng Mangemba Nattisoang atau disebut P. Penatas Angin sempat mukim di pesisir pantai Tegal selama 2 tahun dan beliau melanjutkan perjalanannya mencari keberadaan Sunan Kalijaga untuk berguru, tahun 1515 beliau sampai ke Demak. Sebelum diangkat menjadi murid, beliau menerima uji pendadaran dari Sunan Kalijaga tentang pengendalian diri, kepemimpinan, dan kebersihan hati.

Setelah lulus dari uji pendadaran, beliau ditugasi untuk mengabdi kepada kesultanan Demak dengan berprinsip pada sikap Dokoh, lima, dan ikhlas. Pasca berakhirnya kesultanan Demak P. Penatas Angin mendapatkan ijin dari Sunan Kalijaga untuk melakukan Haji dan Napak tilas Ibnu Batutah ke Mesir, Libya, Aljazair dan bermukim di Maroko selama 2 tahun.

Sepulang haji, beliau ditugasi Sunan Kalijaga untuk mengamalkan ilmu, mensyiarkan Islam, serta mendirikan Pesantren dan bermukim di Dukuh Tahunan, Desa Putatsari, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, selama 17 tahun. Beliau wafat dalam usia 90 tahun meninggalkan istri bernama Dewi Gayatri, dan 2 anak yang bernama Imam Prakoso serta Dewi Kosasih, yang kemudian mereka diasuh oleh murid kesayangannya bernama Pangeran Kusumoyudho.

Diantara makam para sesepuh di MAQBAROH GEDONG :

1. Syekh Maulana P. Penatas Angin

2. Syekh Kafrawi P. Kusumoyudho

3. Pangeran Delimas

4. Simbah Mortoloyo

5. Raden Ayu Goyang

6. Raden Ayu Kemuning

7. Raden Ayu Andali

8. Raden Ayu Kemuncup

9. Pangeran Hadi Subroto

10. Pangeran Hadi Suryo


Reporter : Miftakh Bustanul Arifin

Editor : Tuti Wuryaningsih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daeng Mangemba Nattisoang (P. Penatas Angin) Adalah Keturunan Dari Raja Goa Ke - 9"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera