Pelantun Lagu Yembo – Yembo Asal Daerah Papua Barat Kabupaten Sorong Selatan Merasa Kecewa Karna Selama Ini Sanggar Budaya Kurang Di Perhatikan Di Sorong Selatan

Foto : penyanyi lagu yembo yembo Norce Kafire

SORONG SELATAN, Senin (15/06/2020) lingkaran media - Salah seorang penyanyi daerah papua sorong selatan yang menyanyikan lagu yembo yembo Soyao,sangat kecewa dengan pemerintah. terkait perhatian terhadap sanggar serta budaya Kurang di perhatikan dengan baik.

Sejak di temui lingkaran media sorong selatan, Norce kefire  “ saya tidak pernah merasakan bagaimana pemerintah itu membantu sanggar – sanggar  yang aktif dan masih mempertahankan Seni dan budayanya di tanah papua.mengingat budaya orang lain sudah banyak masuk dan Menjadi faforit bagi anak anak papua yang saat ini tumbuh dengan generasi seni dan musik Budaya orang.

Lagu yembo yembo membawa nama baik sorong selatan dan menjadi lagu jenis polka / lagu dero Terbaik di papua dan papua barat,lagu ini sangat terkenal di seantero tanah papua. Lagu ini mulai di rilis pada tahun 2008.di studi RRI sorong hingga sampai saat ini masih menjadi lagu faforit untuk lagu jenis Dero. Wanita yang di lahirkan tahun 1994 ini ,sudah mempunyai 8 Album daerah ,semua itu tidak pernah ada perhatian dari pemerintah daerah sorong selatan.

Foto : Norce Kafire

Setiap tahunnya bantuan sanggar yang di bagikan  tidak tepat sasaran,karena sanggar yang di bantu uang pembiaan  sanggar yang tidak aktif. Pemerintah seharusnya jeli melihat ini semua , budaya ini akan punah kalau tidak di rawat di jaga serta di kembangkan dengan baik, maka harapan saya pemerintah harus memperhatikan budaya orang papua yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Selain sanggar imekko masih banyak lagi sanggar di sorong selatan, bernasib sama dengan sanggar imekko yang sampai saat ini masih mempertahankan budayanya tapi tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Reporter : Iwan Suhada
Editor : Tuti W

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelantun Lagu Yembo – Yembo Asal Daerah Papua Barat Kabupaten Sorong Selatan Merasa Kecewa Karna Selama Ini Sanggar Budaya Kurang Di Perhatikan Di Sorong Selatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera