Mobil Tangki Pertamina Terbakar Di Pom Bensin Kunden Wirosari

Foto : mobil tangki Pertamina terbakar

GROBOGAN, Sabtu (23/05/2020) Lingkaran Media - Peristiwa kebakaran itu bermula saat truk pengangkut BBM PT Pertamina itu melakukan pengisian di SPBU Kunden, Wirosari, Grobogan, pukul 12.30 WIB. Saat itu truk sedang mengisi tempat penampungan Pertalite di SPBU tersebut.

Di tengah proses pengisian, sopir truk Sri Raharjo meminta kernetnya Sukino, 31, untuk mengambilkan deepstick. Alat tersebut untuk ukur untuk mengetahui ketinggian BBM di tangki mobil pengangkut BBM dan penampungan tanam di SPBU.
truk tangki BBM milik PT Pertamina terbakar saat melakukan pengisian Pertalite ke tangki penampungan di SPBU Kunden, Wirosari, Grobogan. Akibatnya, bagian tangki truk hangus terbakar akibat kejadian pada Sabtu (23/5/2020) siang.

“Supir mobil tangki BBM Sri Raharjo, 43, warga Desa Dlimas, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten mengalami luka bakar di bagian lengan dan kaki. Saat ini menjalani perawatan di RS Panti Rahayu (Yakkum) Purwodadi,” jelas Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Andi Mohammad Akbar Mekuo.

Kernet kemudian menyerahkan tongkat ukur tersebut. Sopir kemudian mengangkat tongkat ukur untuk di masukan ke dalam tangki BBM SPBU. Diduga saat mengangkat tongkat ukur tersebut Sri Raharjo kurang berhati-hati sehingga truk BBM itu terbakar di SPBU Kunden, Grobogan.

Korban tidak melihat apabila di bagian atas ada kabel listrik. Akibatnya ketika tongkat ukur tersebut menyentuh kabel listrik terjadi percikan api dan mengenai BBM di dalam tangki. Kebakaran truk tangki milik PT Pertamina itu pun tak terhindarkan.

Petugas SPBU Kunden Grobogan sempat berusaha memadamkan kebakaran truk BBM itu dengan alat pemadam api ringan (APR). Sedangkan petugas SPBU lainnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Wirosari dan Damkar Pos Wirosari.

“Korban terpental dan mengalami luka bakar pada bagian lengan dan kakinya. Sedang percikan api mengenai tangki mobil dan terbakar,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan aparat setempat bersama Pertamina masih menginvestigasi penyebab terjadinya kebakaran. Terkait penyaluran BBM, saat ini SPBU 44.581.05 dihentikan sementara operasionalnya. Konsumen dapat mengisi di SPBU terdekat yaitu SPBU 43.581.12 dan 44.581.13, Grobogan.

Truk tangki berkapasitas 32 KL yang terbakar ini rencananya juga akan menyalurkan BBM di SPBU 44.581.05 dan 44.592.06 Kecamatan Toroh, Grobogan. Namun dikarenakan kebakaran tersebut, pengisian BBM di SPBU 44.592.06 dialihkan dengan mobil lainnya dari Fuel Terminal Boyolali.

Petugas pemadam kebakaran dan anggota Polsek Wirosari akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar tangki itu. Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan tim Inafis Polres Grobogan langsung mendatangi tempat kejadian perkara.

Sementara itu, PT Pertamina dalam statemen yang dikirimkan ke sejumlah media mengakui kebakaran truk BBM di SPBU 44.581.05 Kunden, Wirosari, Grobogan, Sabtu. Api telah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan pihak Pertamina.

Reporter : Dwi Ari Wibowo
Editor : Miftakh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mobil Tangki Pertamina Terbakar Di Pom Bensin Kunden Wirosari "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera