BNPB Merekomendasi Penerapan PSBB Di Pulau Jawa, Ganjar Pranowo : Siap Menerapkan PSBB Di Jawa Tengah

Foto : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SEMARANG, Rabu (13/05/2020) Lingkaran Media - Ganjar dengan tegas mengatakan akan mengikuti keputusan pemerintah pusat untuk penanganan virus Corona atau COVID-19. Termasuk jika harus PSBB.

Gubernur Ganjar Pranowo siap menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) se-Jawa Tengah. Pernyataan Ganjar itu menanggapi rekomendasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penerapan PSBB se-Pulau Jawa.

Gubernur Ganjar Pranowo siap menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) se-Jawa Tengah. Pernyataan Ganjar itu menanggapi rekomendasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penerapan PSBB se-Pulau Jawa.

Ganjar menyebutkan pada intinya semua harus siap. Termasuk memperhatikan kondisi tenaga medis dan rumah sakit.

"Ketika kami diberikan kewenangan untuk improvement (perbaikan) di daerah, akan kami lakukan. Tapi seandainya nanti pusat menyampaikan, semua harus PSBB, kami juga akan lakukan," sambungnya.

"Sampai seandainya, jangan lupa front paling akhir, dalam hal ini tenaga medis dan rumah sakit, akan kita lengkapi. Pokoknya semua skenario dari pusat kita siap," tegas Ganjar.

Ganjar menjelaskan persiapan yang harus dilakukan jika PSBB diterapkan se-Jawa. Yaitu logistik dan transportasi.

"Persiapan pertama adalah menghitung dampaknya. Pasti nanti akan banyak yang di rumah, pasti nanti membutuhkan logistik, pasti membangun sistem transportasi yang sangat terbatas, hitung potensi kerawanan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan perlu adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) se-Pulau Jawa. Pasalnya, mayoritas kasus positif dan angka kematian tertinggi virus Corona ada di Pulau Jawa.

"Ada 70 persen kasus yang di Pulau Jawa saja, (kasus) meninggalnya 82 persen, kemudian yang sembuhnya 56 persen. Kita memang perlu untuk melakukan penerapan pemberlakuan PSBB se-Jawa kelihatannya di sini," kata Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah, dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR, Selasa (12/5).

Editor : Miftakh
Sumber : detiknews

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BNPB Merekomendasi Penerapan PSBB Di Pulau Jawa, Ganjar Pranowo : Siap Menerapkan PSBB Di Jawa Tengah"

  1. Ekonomi rakyat suapa yang menunjang,bila nanti banyak yang kelaparan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera