Makam Ki Ageng Sedayu, Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan


GROBOGAN, Sabtu ( 29/02/2020 ) Lingkaran Media - Di tengah hutan yang letaknya berada di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan, ada sebuah makam yang masih ada kaitannya dengan Syekh Maulana Maghribi dan Sayyid Maulana Malik Ibrahim As - Samarkandhi ( Sunan Gresik ). yang dimakamkan tersebut bernama Ki Ageng Sedayu.

Beliau hidup pada masa Brawijaya V tahun kurang lebih 1517 M, pada masa itu Ki Ageng Sedayu hidup masa kerajaan Peres Parianom yang dipimpin oleh Raden Cakra Ludira, adapun tempat kerajaan Peres Parianom yaitu di area hutan Sedayu.

Ki Ageng Sedayu bersama rekannya Syekh Sekar Delima, Ki Ageng Wunut, dan Ki Ageng Sepuh Sedayu dalam menyebarkan agama Islam dikawasan kerajaan Peres Parianom dengan media gamelan.


Kyai Porwadi Bologarang, Juru Kunci makam, warga Dusun Jepang, Sabtu ( 29/02/2020 ) mengatakan, saya gak bisa menceritakan sekarang nanti ada yang menceritakan sendiri yang berhak untuk menceritakan beliau, kalau saya memperlihatkan dzuriyahnya saya beri tahu dan ini ada catatannya dan dibaca sendiri mas.

Bila masyarakat ingin berziarah ke makam Ki Ageng Sedayu bisa melewati pertigaan antara Sedadi dan Lajer, Kecamatan Penawangan ada rumah perhutani untuk berbelok arah kanan jalan, ada papan petunjuk ke arah makam Ki Ageng Sedayu.

Reporter : Miftakh
Editor : Tuti W

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makam Ki Ageng Sedayu, Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera