Struktur dan Gangguan Telinga Manusia

Papanpedia - Pengertian dan Struktur Telinga Manusia. Telinga merupakan indera pada tubuh manusia yang digunakan untuk mendengarkan. Selain itu indera telinga juga berfungsi sebagai alat untuk menjaga keseimbangan tubuh manusia.


https://www.papanpedia.com/2020/01/struktur-dan-gangguan-telinga-manusia.html
Picture By Wikipedia


Tidak hanya pada manusia, Telinga juga dimiliki hewan yang berjenis vertebrata. Telinga pada hewan vertebrata memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing hal ini disesuaikan dengan jenis dan fungsi dari keseluruhan telinga hewan tersebut.

Baca Juga : 7 Penyakit yang Berhubungan Reproduksi Manusia

Telinga tersusun dari beberapa struktur utama, yaitu Telinga Luar, Telinga Tengah dan Telinga Dalam. Setiap bagian struktur telinga memiliki beberapa komponennya. berikut ini penjelasan komponen yang berada pada struktur telinga.

1.Telinga Luar

Adalah Salah satu komponen dari telinga yang berfungsi untuk menangkanp atau mengumpulkan gelombang suara dan juga berfungsi untuk menyalurkan suara ke gendang telinga.

Telinga Luar terdiri dari Daun telinga.Lubang telinga dan saluran telinga.

2.Telinga Tengah

Adalah bagian telinga yang terletak pada belakang gendang telinga.baian tengah telinga meliputi 3 bagian yaitu, martil atau malleus, landasan atau incus, dan sanggurdi atau stapes.bagian telinga tersebut akan meneruskan getaran telinga ke dalam dalam bentuk tingkap oval.

Pada bagian telinga tengah ada Pembulug eustachius yang merupakan saluran penghubung antara ruang telinga dengan rongga faring. Hal ini memiliki fungsi untuk menyamakan perbedaan tekanan di antara telinga luar dan tengah.

3.Telinga Dalam(Auris Interna)

Adalah Bagian telinga yang berada  di dalam bagian petrosa tulang temporal yang tersusun atas dua bagian yaitu tulang labyrinth yang menonjol (bony labirynth) dan membran labyrinth.

Telinga bagian dalam terdiri atas 2 organ yaitu Organ pendengaran(Rumah siput/kokhlea) dan Organ keseimbangan. Masing-masing organ memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini fungsi 2 organ bagian dalam :



  • Organ pendengaran(rumah siput/kokhlea) adalah saluran melingkar-lingkar yang mengandung sel reseptor yang menanggapi getaran.
  • Organ keseimbangan adalah Saluran dengan bentuk setengah lingkaran yang berada pada dalam reseptor dengan memiliki daya keseimbangan terhadap rangsangan dan getaran.

Mekanisme dan Cara kerja Telinga Manusia

Telinga bekerja jika ada obyek yang bergetar sehingga menggerakkan molekul-molekul udara sehingga terjadi gelombang suara, Selanjutnya gelombang masuk melalui slauran-saluran pendengaran yang menggetarkan mimbran timffani. lalu diteruskan ke tulang martil, landasan dan sanggurdi dan berakhir di tingkap bundar. Getaran yang dihasilkan akan mengetarkan cairan dalam rumah siput sehingga saraf-saraf dapat terangsang pada bagian ujung. Implus pada bagian saraf inilah yang akan diteruskan ke saraf pendengar pada otak besar. Pada otak besar akan diterjemahkan sebagai Gelombang suara.

Gangguan Telinga Manusia

Seperti halnya pada bagian anggota tubuh lainnya, Telinga jika tidak di fungsikan secara baik, maka akan mengalami gangguan yang bisa mengganggu kinerja telinga manusia.

Berikut ini daftar gangguan yang bisa terjadi pada teinga manusia :
  1. Tuli konduksi adalah Gangguan pada telinga manusia dengan ditandai daya serap pendengaran kurang tajam. hal ini bisa terjadi karena penyumbatan telinga oleh minyak serumen, penebalan / pecahnya membran tifani,pengapuran tulang pendengaran dan kekakuan hubungan antar tulang sanggurdi dengan tingkap jorong.
Baca Juga : Pengertian Fungsi dan Penyakit Mata Manusia
  1. Tuli Saraf adalah Gangguan telinga yang ditandai dengan menurunya daya pendengaran. berbeda dengan tuli konduksi tuli saraf disebabkan karena kerusakan saraf auditori dan kerusakan saraf pendengaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur dan Gangguan Telinga Manusia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera