Pengertian Sejarah Sumpah Pemuda

Papanpedia - Pada Bulan Oktober, terdapat satu hari yang sangat bersejarah bagi indonesia. Hari yang bersejarah tersebut jatuh pada tanggal 28 Oktober. Tahukah kamu hari apa itu ? Pada tanggal 28 Oktober merupakan hari dimana para pemuda di indonesia berjanji dalam masa pergerakan nasional dalam mengusir para penajajah untuk keluar dari indonesia. Bagaimana asal mula sumpah pemuda ?


https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-sejarah-sumpah-pemuda.html

 

Sumpah atau janji merupakan sebuah ikrar dimana para pemuda berjanji untuk ikut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia. Asal mula dari dibentuknya sumpah pemuda adalah selama 350 tahun bangsa indonesia dijajah oleh negara asing. Selama itu juga, Negara asing berhasil memecah belah bangsa indonesia dengan cara mengadu domba masyarakat indonesia. Adu domba yang di maksud adalah devide et empire.

Setelah itu mereka menjajah negara indonesia dengan menyebarkan propaganda. Sehingga indonesia berhasil dijajah. Saat itu kondisi rakyat indonesia sangat menderita. Hampir seluruh masyarakat indonesia disuruh untuk melakukan kerja paksa atau yang kita kenal dengan kerja rodi. Mirisnya lagi para pekerja indonesia bekerja tidak diberi makan yang bergizi.Sehingga banyak rakyat indonesia yang meninggal akibat kerja rodi.

Selain kerja rodi, Negara Belanda juga tidak memperbolehkan masyrakat indonesia untuk menempuh pendidikan. Tentu saja hal ini merupakan kerugian yang sangat besar untuk rakyat indonesia. akibatnya, Generasi pada saat itu menjadi tidak tau apa-apa, sehingga mudah untuk dimanfaatkan oleh negara belanda. Hal ini merupakan upaya untuk mempermudah mengambil kekayaan alam dari indonesia

Pada saat itu sekelopmok pemuda mendirikan sebuah kelompok-kelompok yang sebgaian besar bertujuan untuk menghilangkan penjajahan di indonesia untuk dihentikan. Perkumpulan pemuda ini di bentuk diseluruh nusantara. Terdapat 6 kelompok yang berhasil kamu tulis :


Sejarah Perjanjian Sumpah Pemuda



  1. Tri Koro Darmo(Jong Java) adalah perkumpulan anak-anak pelajar yang didirakan pada 9 maret 1915. Perkumpulan ini merupakan pemuda dari Jawa Tengah,Jawa Timur dan madura. Perkumpulan ini dibentuk di Kota Jakarta
  2. Jong Sumatranen Bond Adalah Perkumpulan pemuda yang didirikan pada 9 Desember 1917 oleh para pemuda di daerah sumatra. Sekumpulan pemuda ini merupakan pemuda yang sedang menempuh pendidikan di jakarta. Untuk tujuan dari perkumpulan pemuda ini ialah sama dengan Tri Koro Darmo yaitu mengusir penajajahan negara asing dari indonesia.
  3. Jong Minahasa Adalah Perkumpulan para pemuda yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Perkumpulan ini didirikan di kota jakarta.
  4. Jong Celebes adalah Perkumpulan pemuda dari sulawesi. Pemuda yang tergabung dari perkumpulan Jong Celebes memiliki tujuan untuk mengusir negara sing dari indonesia.
  5. Jong Bataks Adalah perkumpulan pemuda dari Sumatra utara. Perkumpulan pemuda ini dibentuk dijakarta.
  6. Jong Ambon adalah perkumpulan pemuda yang didirikan oleh pemuda dari ambon. Para pemuda dalam Jong ambon merupakan pemuda yang sedang menempuh pendidikan di kota jakarta.
Awalnya indonesia bisa berharap atas terbentuknya kelompok pemuda ini, tetapi kelompok-kelompok ini bekerja hanya sesuai dengan kelompoknya masing-masing sehingga hanya terbatas pada daerah dibentuknya perkumpulan pemuda saja.

Hal ini tidak sesuai dengan sembayan kita " Bersatu kita teguh bercerai kita berantakan". Oleh karena itu, Organisasi pemuda-pemuda tersebut dikumpulkan dan mengadakan kongres pemuda. Perkumpulan pemuda ini dihimpun menjadi sebuah organisasi yang bernama PPPI(Perhimpunan pemuda Pelajar Indonesia). Organisasi ini didirikan di Kota Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sejarah Sumpah Pemuda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera