Pengertian Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa

Papanpedia - Pengertian Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Sumpah pemuda yang dilakukan pada 28 Oktober telah membangkitkan semangat bagi bangsa indonesia. karena dengan adanya sumpah pemuda,rakyat menjadi sadar bahwa perjuangan perseorangan tidak berarti apa-apa. Oleh karena itu, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh bangsa indonesia.

https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-satu-nusa-satu-bangsa-dan.html


Dengan semangat itulah, para pemuda berinisiatif untuk bersatu padu melawan serta mengusir para penjajah dari tanah air indonesia. Jika kita membaca dengan seksama bahwa isi perjanjian sumpah pemuda adalah menunjukan sikap bahwa kita harus satu nusa,satu bangsa dan satu bahasa. Tetapi tahukah kamu apa makna satu nusa,satu bangsa dan satu bahasa ?

Jika kamu belum tau, maka pelajarilah uraian dibawah ini tentang makna dari kata satu nusa,satu bangsa dan satu bahasa, berikut ini uraiannya :


Pengertian Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa

1. Makna dari Satu Nusa

Seperti kita ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari suku-suku yang hampir ada disetiap pulau tersebut. Pulau-pulau tersebut dihubungkan oleh lautan. Walaupun dipisahkan oleh lautan maupun selat , Indonesia haruslah tetap bersatu yaitu satu indonesia


Baca Juga :  Pengertian Sejarah Sumpah Pemuda

Indonesia juga memiliki berbagai kekayaan alam serta budaya pada setiap pulaunya yang berbeda-beda. Setiap pulau memiliki ciri khas tersendiri. Selain perbedaan budaya, ada juga yang membedakan dari setiap pulau yang ada di indonesia diantara lain agama,bahasa dan makanan. Walaupun berbeda-beda , teapi kita diharuskan untuk selalu menjaga persatuan dalam membangun bangsa indonesia.

Kita harus senantiasa mencintai kebudayaan daerah sendiri, tetapi tidak boleh merendahkan kebudayaan dari daerah lain. Dengan mengingat bahwa kita dipersatukan oleh satu indonesia. dengan semangat inilah bahwa satu nusa memiliki arti bahwa meskipun kita hiduo di negara yang mempunyai perbedaan , namun kita harus tetap bersatu tanah air yaitu satu indonesia
      

2. Makna dari Satu Bangsa

Makna dari satu Bangsa mengandung pengertian bahwa walaupun bangsa indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan, seluruh masyarakat indonesia harus tetap bersaudara dalam berbangsa. Hal ini seperti dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya waluapun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Maka dengan adanya makna satu bangsa ini, kita akan selalu merasakan kebahagiaan serta kesedihan secara bersama-sama. Contohnya : Saat sebuah wilyah di negara indonesia terkena musibah bencana alama maka seluruh rakyat indonesia harus memiliki rasa simpati terhadap sesama rakyat indonesia. Sehingga Makna dari satu bangsa adalah menjunjung tinggi rasa solidaritas di antara sesama rakyat indonesia dengan menunjukan sikap gotong royong.

3. Makna Satu Bahasa

Setiap daerah di indonesia mempunyai keunikan dalam berbahasa. sebagai contoh bahasa di jawa tengah akan sangat berbeda dengan bahasa di daerah pulau madura. tak hanya pada pembacaan verbal saja tetapi dalam non verbal juga berbeda dalam mengucapkan bahasa kedua derah tersebut.

Baca Juga :  Kapan Terjadinya Kongres Sumpah Pemuda

Hal ini merupakan salah satu anugrah, bahwa indonesia memiliki kekayaan dalam berbahasa. Dan kita sebagai penerus penghuni negara indonesia harus selalu melestaikan kebudayaa bahasa disetiap daerah-daerah. Jangan sampai kebudayaan bahasa kita di rebut atau di klaim oleh nagara asing. Walaupun disetiap daerah memiliki bahasa tersendiri tetapi kita semua harus bisa dan mampu dalam berbahasa indonesia. Karena bahasa indonesia merupakan salah satu alat pemersatu bangsa.

Jika kamu sedang berkunjung ketempat dengan kebudayaan bahasa yang baru, maka sebaiknya kamu memakia bahasa indonesia. karena bahasa ini semua orang pasti mengetahui. dari beberapa uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa merupakan komponen yang harus selalu dijaga demi keutuhan bangsa indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera