Pengertian Prosa dan Jenis- Jenis Prosa

Papanpedia - Pengertian Prosa dan Jenis- Jenis Prosa. Prosa menurut wikipedia adalah Suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". 

Setelah membaca pengertian prosa menurut wikipedia, bisa kita simpulkan bahwa prosa adalah Hasil karya yang digunakan untuk memaparkan dalam bentuk cerita, prosa juga sering disebut dengan karangan bebas karena tidak mengandung rima dan ritme seperti halnya puisi.


https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-prosa-dan-jenis-jenis-prosa.html

Secara garis besar prosa dapat dibedakan menjadi 2. Yaitu Prosa Fiksi dan Prosa Non Fiksi. Prosa Fiksi terdiri dari Cerpen, Roman dan Novel. Sedangkan Prosa Non Fiksi terdiri dari Biografi, Autografi dan kritik.


Pengertian Prosa dan Jenis- Jenis Prosa


Setelah mengetahui pengertian Prosa dan Jenis-jenis prosa secara singkat. berikut penjelasan jenis-jenis prosa secara lengkap.

Baca Juga : Perbedaan Unsur Ekstrinsik dan Intrinsik Puisi


1. Jenis Prosa Fiksi

  • Cerpen 
Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Namun perlu diketahui, bahwa tidak setiap cerita yang pendek itu termasuk cerpen.Karakteristik/cirri-ciri cerpen adalah :  ^ ceritanya melukiskan suatu insiden yang unik, yang tidak terjadi di tempat lain, waktu lain, dan dengan orang lain, dan tidak dapat diulang. ^ Cerpen berisi hal-hal yang tidak rutin terjadi setiap hari, misalnya : tentang suatu perkenalan, jatuh cinta, atau suatu hal yang sulit untuk dilupakan. ^ Bersifat imajinatif.


  • Roman

Roman adalah Istilah roman berasal dari bahasa Perancis.  Roman mengisahkan kehidupan pelaku dari lahir sampai meninggal. Roman lebih panjang daripada novel.


  • Novel

Novel adalah Cerita dalam bentuk prosa yang lebih luas dan lebih panjang. Dalam Novel alur,tokoh, latar,tema dan lain-lain biasanya lebih kompleks dibandingkan dengan cerpen. Untuk mengetahui jalan cerita novel dengan cara membaca intensif jalan ceritanya meliputi pengenalan situasi,pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik dan penyelesaian. 

2. Jenis Prosa Non Fiksi


  • Biografi

Biografi adalah sebuah karangan fakta tentang seseorang yang dituliskan. Biografi biasanya sering ditemukan pada buku di halaman terkahir ataupun didepan.biografi dituliskan dengan berbagai macam, ada yang lengkap dan ada yang hanay inti-intinya saja. Selain biografi pengarang buku , biografi juga bisa dituliskan berdasarkan perasaan pengarang pada waktu membuat karangan buku tersebut.

Baca Juga :  19 Contoh dan Macam-Macam Majas Puisi


  • Kritik

Kritik adalah proses menganalis sesuatau dengan pemahaman yang berbeda dengan tujuan untuk meningkatkan sebuah gagasan atau pendapat yang di kritik. Kritik biasanya dilakukan oleh seseorang jika tidak sepemahaman dan setuju dengan pendapat atau usulan dari orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Prosa dan Jenis- Jenis Prosa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera