Pengertian Ginjal,Fungsi dan Bagian pada Manusia

Pengertian Ginjal adalah Salah satu organ ekskresi yang memiliki bentuk seperti kacang merah dan memiliki warna keunguan. Organ ginjal orang dewasa memiliki ukuran panjang sekitar 11 cm. Ginjal bekerja sebagai penerimaan darah dari sepasang arteri renalis lalu dikeluarkan melalui vena renalis.

https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-ginjalfungsi-dan-bagian.html
Picture By Wikipedia


Ginjal terletak dibelakang rongga perut pada bagian pinggang. Ginjal terdiri dari 2 buah yang terletak di kiri dan kanan. letak ginjal disebelah kiri lebih tinggi dari pada sebelah kanan

Fungsi Ginjal adalah Sebagai penyaring darah dari zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, dan zat tersebut diubah menjadi urine. Sebagai alat eskresi utama dalam mengeluarkan zat sisa pada tubuh berikut ini beberapa fungsi Ginjal :


  • Tempat mengeluarkan zat sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, Asam urat,Garam mineral
  • Tempat untuk mengeluarkan zat yang memiliki jumlah berlebihan dalam tubuh. Contohnya, Gula,Vitamin C.
  • Tempat mengaturnya keseimbangan air dan kadar garam dalam tubuh manusia


Ginjal memiliki beberapa bagian utama yang saling mendukung kinerjanya, bagian ginjal tersebut diantara lain Kulit Ginjal(korteks),Sumsum Ginjal(medula),Rongga ginjal(pelvis).

Baca Juga : Pengertian Kulit,Fungsi dan Bagiannya Pada Manusia

Ginjal sebagai pengolah zat yang berfungsi sebagai pembuntakan urine, ada tiga tahap dalam pembentukan urine yaitu Penyaringan(Filtrasi),Penyerapan Ulang(Reabsorpsi) dan Pemekatan(Augmentasi). Berikut ini penjelasan tentang pengertian tahapan pembentukan urine :


  • Penyaringan(Filtrasi) adalah Penyaringan zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh yang berupa air atau protein maupun molekul-molekul) dari darah. Penyaringan ini terjadi pada glomerulus. hasil dari penyaringan ini bernama urine primer.
  • Penyerapan Kembali(Reabsorpsi) adalah Penyerapan kembali zat-zat yang masih di butuhkan oleh tubuh. contohnya asam amino,glukosa atau air. Penyerapan ini terjadi pada kapsula bowman dan tabulus kontortus proksimal. lalu hasil dari penyaringan ini bernama urine sekunder.
  • Pemekatan(Augmentasi) adalah Proses pemekatan dari bertamabahnya urea dari zat-zat yang sisa atau tidak dibutuhkan oleh tubuh. Proses pemekatan ini terjadi pada tubulus kontortus distal dan pada saluran pengumpul. Hasil dari proses pemekatan ini disebut degan Urine yang sebenarnya.


Selain itu ada beberapa tahapan proses pengeluaran zat sisa yang dikelola oleh ginjal, berikut ini tahapan - tahapannya :

Ginjal-Ureter-Kandung kemih-Urethra-Zat keluar dari tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ginjal,Fungsi dan Bagian pada Manusia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera