Pengertian Fungsi dan Penyakit Mata Manusia

Papanpedia - Pengertian dan Struktur Bola Mata Manusia. Mata adalah Organ penglihatan yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya. mata merupakan salah satu alat indera yang digunakan untuk menerima rangsangan dari luar tubuh.


https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-fungsi-dan-penyakit-mata.html
Picture By Wikipedia

Seperti halnya pada alat panca indera lainnya, Mata memiliki struktur bola mata.


Struktur Bola Mata Manusia

Mata memiliki 3 struktur bola mata yaitu Sklera(lapisan luar),Koroid(Lapisan Tengah) dan Retina(Lapisan Dalam).Setiap struktur bola mata memiliki pengertian dan fungi masing-masing. Seperti inilah Fungsi dari setiap bagian struktur mata manusia.

1. Sklera(Lapisan Luar)

Adalah jaringan ikat yang memiliki warna putih, dengan bagian depan yang transparan. Baian ini sering kali disebut Kornea. Kornea sangatlah sensitif, sehingga pada bagian ini dilindungi oleh konjugtiva.


2.Koroid(Lapisan Tengah)

Adalah salah Lapisan yang terletak pada pembuluh darah pada mata, yang berada pada retina dan sklera. Salah satu fungsi dari keberadaan koroid pada mata adalah sebagai penyalur oksigen serta nutrisi ke baian retina.

3.Retina(Lapisan Dalam)
Adalah Lapisan yang memiliki bentuk tipis dengan sel yang terletak pada bagian belakang bola mata Vetebrata serta Cephalopoda. 

Pada lapisan dalam retina terdapat baigian Fotoreseptor yang  dibagi menjadi dua Sel batang(Bacillus) dan Sel Kerucut(Conus). Apa itu Sel Batang dan Sel Kerucut, Berikut ini penjelasannya :

  • Sel Batang (Bacillus) adalah Bagian pada mata yang sangat peka terhadap cahaya lemah atau redup, sehingga pada baian ini tidak bisa membedakan warna.
  • Sel Kerucut(Conus) Adalah Bagian pada mata yang memiki tingkat peka terhadap cahaya yang sangat kuat,Sehingga baian ini bisa digunakan untuk membedakan warna.

Pada bagian retina banyak memiliki sel kerucut, Sel ini disebut dengan bintik kuning(Fovea),Tetapi ada baian yang tidak mengandung sel kerucut dan sel batang, baian ini sering disebut dengan bintik buta.

Cara Kerja Mata Manusia

Untuk bisa digunakan dengan baik, Mata manusia harus melalui beberpa mekanisme berikut ini : Cahaya masuk >Kornea > Aques Humor > Pupil > Lensa Mata > Vitreous Humor > Retina > Saraf Optik.


Daftar Gangguan Mata Manusia

  • Mata Juling Adalah Cacat mata yang disebabkan karne akerja otot mata tidak serasi
  • Seroptalmia Adalah selaput bening bersisik dan kering
  • Keratomalasi Adalah Kerusakan pada selaput bening
  • Rabun Dekat Adalah (Hipermetropi) Adalah Gangguan pada mata yang tidak bisa meilihat benda dekat, Halini dikarenakan lensa mata terlalu pipih sehingga bayangan jatuh tepat di belakang bintik kuning.
  • Rabun Jauh (Miopi) Adalah Gangguan kerja pada mata manusia yang tidak dapat melihat benda jauh. Hal ini dikarenakan lensa mata terlalu cembung, sehingga bayangan tepa jatuh dibintik kuning
  • Mata Tua(Presbiop) Adalah Gangguan pada mata manusia yang disebabkan lensa mata terlalu pipih sehingga daya akomodasi sangat lemah.
  • Astigmatisme Adalah Gnagguan pada mata manusia yang tidak bisa fokus dalam satu titik dalam menerima cahaya. 
  • Rabun Senja(hemeralopi) Adalah Gangguan pad mata manusia Gangguan pada mata manusia yang terjadi rabun pada senja atau sore hari. Hal ini dikarenakan mata manusia kekuarangan vitamin A. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kerusakan pada kornea.
  • Buta Warna Adalah Gangguan pada mata manusia yang ditandai dengan mata tidak bisa membedakan warna warna tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fungsi dan Penyakit Mata Manusia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera