Pengertian dan Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat

Papanpedia - Pengertian dan Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat. Pernahkah kalian mendapatkan hukuman karena melanggar peraturan ? Misalnya bolos sekolah atau terlambat tiba di tempat kerjaan. Apakah kamu tahu arti dari peraturan ? bisa juga disebut dengan norma ? Secara pengertian Norma adalah ketentuan yang mengikat seluruh warga yang menyetujui adanya norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.

https://www.papanpedia.com/2020/01/pengertian-dan-macam-macam-norma-dalam.html


Norma berfungsi sebagai panduan, tatanan dan kendali terhadap tingkah laku masyarakat setempat. Jadi, dengan adanya norma diharapkan kehidupan masyarakat berjalan aman, tertib dan teratur.

Secara sederhana aturan memuat dua hal yaitu sebagai berikut :
  1. Hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan(suatu perintah dan larangan)
  2. Ada sanksi atau hukuman bagi yang melanggar
Kita mengenal adanya dua macam aturan, yaitu aturan tertulis dan aturan tidak tertulis. Aturan tertulis adalah aturan yang dibuat secara resmi oleh pihak yang berwenang dan disertai sanksi bagi para pelanggarnya, sedangkan aturan tidak tertulis merupakan aturan yang tidak ditulis secara resmi, namun tetap harus ditaati oleh masyarakat dan tidak ada sanksi secara langsung bagi yang tidak melaksanakannya.

Adapun norma-norma yang saat ini berlaku di dalam masyarakat, yaitu :

1.Norma Agama


Norma agama adalah peraturan yang berasal dari Tuhan untuk orang yang beragama agar menaati perintah dan menjauhi larangannya. Apabila seseorang melanggar atau tidak menaati peraturan tuhan, maka orang tersebut akan berdosa dan mendapat hukuman dari tuhan.

Baca Juga : Kapan Terjadinya Kongres Sumpah Pemuda

Lalu, aturan yang seperti apakah yang termasuk dalam norma agaram ? Setiap kitab suci dari masing-masing agama telah memuat tentang aturan-aturan yang harus kita lakukan serta hal-hal yang harus kita tinggalkan.Tujuan norma agama adalah agar manusia hidup dengan baik sesuai dengan kehendak dan aturan Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut ini Contoh Perilaku yang mencerminkan penerapan norma agama.
  • Berdoa sebelum melakukan sesuatu mislanya makan,bepergian.
  • Mengucapkan salam apabila bertemu dengan sesamanya
  • Melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing
  • Makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan
  • Selalu menjaga kebersihan

2.Norma Kesusilaan 

Norma kesusilaan adalah segala aturan yang bersumber pada bersumber pada hati nurani dan menjadi pedoman pergaulan hidup antar manusia dalam masyrakat. Norma kesusilaan sering juga disebut dengan sebagai moral. Meskipun norma kesusilaan tidak tertulis, namun tetap berlaku dalam masyarakat karena norma ini bersumber pada hati nurani atau suara hati tiap-tiap manusia.

Karena sifatnya tidak tertulis, maka tidak ada sanksi yang tegas bagi para pelanggarnya. Lalu mengapa kita harus mematuhi norma - norma kesusilaan ? karena tujuan dari norma kesusilaan adalah terbentuknya akhak manusia yang baik dan terpuji yang bisa terwujud melalui perbuatan dan kata-katanya. Bagaimana jika ada seseorang yang melanggar norma kesusilaan ?Orang tersebut tidak akan dikenai sanksi, namun dia sendiri akan merasa malu dan menyesal. Bahkan dalam pelanggaran tertentu si pelanggar bisa dikucilkan dari pergaulan oleh masyarakat sekitar.

Untuk menghindari perilaku yang melanggar norma kesusilaan, berikut ini contoh yang bisa di lakukan supaya kamu tidak melanggar norma kesusilaan

  • Memakai pakaian yang sopan
  • Berteman tanpa membedakan dan penuh dengan persahabatan
  • Senantiasa Berperilaku kebaikan
  • Berkata jujur

3.Norma Kesopanan


Seperti halnya norma kesusilaan, dalam norma kesopanan juga tidak terdapat sanksi yang tegas. Jika ada yang melanggar norma kesopanan dia tidak akan dihukum namun dia akan mendapatkan sanksi dari masyarakat disekitarntya yang bisa berubah dicemooh,dicela bahkan juga dikucilkan. Tentu semua masyarakt tidak ingin dikuilka dari masyarakat. Maka dari itu orang yang berbudi pekerti akan senantiasa berperilaku sopan. dari uraian diatas bisa disimpulkan bahwa Norma kesopanan adalah seperangkat peraturan yang dibuat untuk mengatur pergaulan dengann orang lain. Tujuan adanya norma kesopanan adalah supaya terwujudnya ketertiban dan kebaikan dalam masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa

Berikut ini contoh perilaku yang mencerminkan penerapan norma kesopanan di lingkungan keluarga.
  • Seorang anak harus berbicara dengan lembut kepada orang yang lebih tua
  • Orang tua harus membimbing dan memberi contoh yang baik kepad anak yang lebih muda
  • Seorang anak harus menuruti nasihat orang tuanya
  • Seorang anak tidak boleh menyinggung perasaan orang tuanya
4.Norma Hukum

Norma hukum merupakan peraturan atau ketentuan resmi yang dibuat oleh pemerintah. Norma hukum dibuat dengan tujuan agar terwujud kehidupan masyarakat yang tertib, tenteram,aman dan damai. Bagi pelanggar norma ini akan mendapat sanksi yag tegas dan tertulis secara jelas dalam peraturan perundang-undangan.Contoh sanksi terhadap norma hukum adalah denda, kurungan atau penjara.

Norma hukum bersifat tegas dan nyata,serta mengikat dan memaksa bagi semua anggota masyarakat. Norma hukum diwujudkan dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara.

Baca Juga :  Penerapan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda

Berikut ini contoh perilaku yang mencerminkan penerapan norma hukum :
  • Membayar pajak tepat pada waktunya
  • Mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya
  • Tidak melakukan tindakan kriminal
  • Melaksanakan peraturan yang sudah di tetapkan di negara indonesia
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian dan Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat. Selayaknya kita sebagai warga negara indonesia bisa menjaga norma-norma tersebut. sehingga bisa menjadi warga negara yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera