7 Penyakit yang Berhubungan Reproduksi Manusia

Papanpedia - 7 Penyakit yang Berhubungan dengan Reproduksi Manusia. Seperti pada anggota tubuh yang, Alat Reproduksi manusia juga gampang terkena serangan penyakit. ada 7 penyakit umum yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.


https://www.papanpedia.com/2020/01/7-penyakit-yang-berhubungan-reproduksi.html


Penyakit alat reproduksi manusia biasanya dapat menular melalui berhubungan badan. Istilah jenis penyakit ini sering kita sebut dengan PMS.

Berikut ini 7 Penyakit yang berhubungan dengan reproduksi manusia.

1. Raja Singa(Sifilis)
Adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum yang masuk kedalam tubuh melalui aliran darah. Penyakit ini bisa menular pada janin dalam kandungan dan sangat membahayakan jantung dan otak janin. Sedangkan ciri-ciri penyakit ini pada alat reproduksi adalah dengan ditandai luka atau benjolan disekitar alat kelamin manusi.

2.Klamidiasis
Adalah Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trechomatis dengan ditandai peradangan pada alat reproduksi sehingga menimnulkam rasa nyeri. Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengeluarkan cairan encer putih dengan sedikit kekuningan bahkan bercampur dengan darah.

Baca Juga : Pengertian Hati,Fungsi dan Bagian Manusia

3.Kandidiasis pada Alat reproduksi Wanita(Keputihan)
Adalah Penyakit ini disebabkan oleh jamur Candida Albicans gejal dari penyakit ini adalah keluar cairan yang bewarna keputihan seperti susu disertai dengan rasa gatal,panas bahkan kemerehan pada alat reproduksi dan sekitarnya.

4.Herpes Genital
Adalah Penyakit yang disebabkan oleh virud Herpes simplex dengan gejala awal seperti timbul bintil-bintil berair yang nyeri disekitar alat reproduksi. Bintil-bintil ini jika pecah akan menimbulkan luka.

5.Trikomoniasis
Adalah Penyakit yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis dengan memiliki gejala keluar cairan encer yang berwarna kekuningan semu kehijauan, berbusa dan memiliki bau yang tidak sedap dari alat reproduksi wanita. Penyakit ini biasanya disertai dengan memar atau bengkak selain itu juga bisa menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil.

6.Kencing Nanah (Gonoroe)
Adalah Penyakit yang disebabkan oeh baktei Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini ditandai dengan rasa tidak enak pada saluran kemih dan di ikuti rasa nyeri ketika buang air kecil dan akan keluar nanah dari alat reproduksi wanita maupun pria dari saluran air kencing.

Baca Juga : Pengertian Ginjal,Fungsi dan Bagian pada Manusia

7.Acquired immune deficieny sindrom(AIDS)
Adalah Penyakit yang disebabkan oleh virus HIV(Human Immunodeficienty virus). Penyakit ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berat badan menurun secara drastis
  • Diare yang terus menerus
  • Terjadi pembengkaan kelenjar limfe pada leher ketiak dan lipatan dada
  • Terjadii demam disertai batuk-batuk secara terus menerus
  • Pendarahan pada mulut hidung dan anus
Penjelasan diatas merupakan ciri-ciri yang bisa dianalisa. tetapi untuk keterangan lebih lanjut silahkan anda berkunjung ke dokter terdekat untuk lebib mengantisipasinya.

Berbicara soal AIDS, Orang yang terkena dengan penyakit ini disebut dengan ODHA ( Orang dengan HIV/AIDS). Penyakit AIDS sangat mudah tertular kepada manusia  lain, Cara -cara penularan penyakit AIDS adalah

  • Melakukan hubungan badan dengan penderita AIDS/HIV
  • Menggunakan transfusi darah yang tercemar oleh virus HIV
  • Penggunaa jarum suntik /tato secara bergantian
  • Ibu yang sedang hamul yang terifeksi HIV kepada janinnya
Itulah cara-cara penularan HIV AIDS, lalu bagaimana cara pencegahan penyakit ini ada 5 cara pencegahan penyakit AIDS, berikut ini daftarnya :

Baca Juga : Macam-macam pembelahan Sel Manusia

  • Diharuskan tidak melakukan hubungan badan diluar nikah
  • Penggunaan alat-alat medis yang steril
  • Menghindari transfusi darah yang tidak jelas asal-usulnya
  • Mensosialisasikan kepada masyarakat akan bahayanya AID /HIV secara langsung atau melalui media masa
  • Selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Penyakit yang Berhubungan Reproduksi Manusia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera