5 Hal yang Harus Dilakukan MC saat Membawakan Acara

MC merupakan kepanjangan dari (Master Of Ceremony). MC memiliki tugas yang sangat penting dalam kelancaran sebuah acara. Karena MC merupakan salah satu orang yang harus bisa menciptakan suasana tertib,meriah dan akrab.


https://www.papanpedia.com/2020/01/5-hal-yang-harus-dilakukan-mc.html
Gambar By Pixabay


Tidak hanya itu saja MC juga berperan untuk bertanggung jawab atas penyampaian gagasan utama dalam sebuah acara. Penyampaian Gagasan utama tersebut akan bisa diterima oleh pendengar secara baik, jika MC bisa memenuhi 5 Hal utama dalam menjadi seorang MC(Master Of Ceremony).

Salah satu dari 5 hal tersebut adalah MC harus memiliki daya tarik penampilan yang mengesankan bagi pendengar. Karena penampilan merupakan sebuah hal yang paling utama di nilai oleh para pendengar atau audiens yang berada dalam sebuah acara.

Selain itu masih ada 4 hal pokok yang harus diterapkan oleh MC. 4 hal ini merupaka dasar-dasar menjadi MC yang baik. Berikut ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Oleh MC saat Membawakan Acara.

1.Pelafalan

Dalam berbicara di depan orang apalagi dalam sebuah acara yang setiap pembicaraan didengar oleh orang banyak. pelafalan dalam berbicara harus diperhatikan.

Contoh : Saudara bukan sodara
               Mufakat bukan Mopakat

2.Diksi

MC atau pembawa acara dalam berbicara di depan audiens hendaknya bisa memilih kata-kata yang tepat,jelas dan inovatif. Dalam pemilihan kata ini tujuannya adalah audiens bisa mengerti apa yang dibicarakan dan mampu memahami apa yang disampaikan.

Hal ini akan lebih mudah jika MC membawakan acara dengan membaca teks, tetapi akan sangat sulit jika MC berbicara tanpa menggunakan teks. dalam kedua penerapan ini MC harus mampu menguasai kedua-duanya.

Contoh : 
-Kata Kerja sama lebih mudah dipahami dari pada menggunakan kata sinergi
-Kata tepat lebih mudah dimengerti dari pada kata efektif
-Kata hemat lebih mudah dimengerti dari pada kata efisien

Dalam pemilihan diksi diatas tentu seorang MC harus melihat siapa yang mendengarkan pembicaraannya, jika yang mendengarkan orang-orang yang memeilki tingkat pendidikan tinggi, maka berbicara dengan menggunakan diksi yang memiliki banyak arti tidak bermasalah.

Hal ini berbeda dengan yang diahadi adalah audiens yang memiliki tingkat pendidikan rendah, seoarang MC harus mampu membahasakan dirinya seperti apa yang setiap hari dilakukan oleh audiens tersebut.

Diharapakan dengan pemilihan diksi yang tepat dapat lebih mudah dalam penyampaian MC kepada audiensnya.

3.Intonasi

Seorang MC dalam membawakan penyampaiannya harus mengatur tekanan,nada,tempo dan jeda. Hal inilah yang dinamakan dengan Intonasi.

Seorang MC yang baik akan menekankan sebuah kata yang diangapnya penting. sehingga audiens mampu menggaris bawahi kata tersebut untuk dipahami.

Berbiacara soal pengertian tekanan adalah sebuah kata atau kalimat yang ditekankan menjadi keras atau lembut atau tinggi rendahnya suara dalam berbicara.

Sedangkan tempo adalah sebuah kata atau kalimat yang diucapkan dengan nada cepat atau lambat dalam pengucapan seorang pembawa acara. Hal ini juga menyangkut dengan jeda atau berhentinya pembicaraan.

4.Penampilan

Selain percaya diri dalam berbicara didepan umum. Seorang MC harus mampu menempatkan penampilan yang cocok untuk acara yang dibawakannya.

Hal ini merupakan salah satu sopan santun yang harus dijaga oleh seorang MC. Jika acara yang dibawakan adalah acara resmi maka wajib menggunakan pakaian formal.

Tetapi jika saat membawakan acara yang bersifat santai maka menggunakan kostum yang santai akan lebih berkesan dan simpati di mata audiens.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal yang Harus Dilakukan MC saat Membawakan Acara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera