4 Tips Menigkatkan Minat Membaca

Papanpedia - 4 Tips Menigkatkan Minat Membaca. Bagi sebagian orang atau bahkan kebanyakan orang,membaca itu adalah suatu pekerjaan yang sangat membosankan dan kurang menyenangkan. Apalagi sebagian / kebanyakan orang di indonesia khususnya minat membaca masih tergolong sedikit. Hal ini bisa kita lihat pada perpustakaan-perpustakaan daerah yang masih sepi dari pengunjung dan juga peran orang tua yang kurang berpeduli terhadap anak-anak mereka untuk membaca

https://www.papanpedia.com/2020/01/4-tips-menigkatkan-minat-membaca.html


Ada beberapa faktor yang menjadi salah satu penyebab mengapa orang di indonesia khsusnya pelajar dalam melakukan pekrjaan membaca, yaitu buku-buku baru masih sangat relativ mahal bagi sebgaian pelajar. Sebenarnya pemerintah sudah menangani permasalahan ini dengan mengadakan sebuah berupa bazar buku di berbagai daerah. Tetapi karena minat baca dari masyarakat yang masih rendah sehingga bazar-bazar buku tersebut tak jarang sepi dari pengunjung.

4 Tips Menigkatkan Minat Membaca


Ada beberapa tips untuk meningkatkan minat membaca untuk diterapkan ke diri sendiri atau orang lain, diantaranya : 

1.Tips Mendisiplinkan diri


Mendisiplinkan diri yaitu jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan. Sebagaimana halnya kebiasaan yang lain. membaca membutuhkan keadaan yang berlangsung secara rutin dan terus menerus. Hal ini dapat kita mulai dengan membaca buku-buku best seller  yang berguna untuk menstimulasi minat baca kita. Buku-buku yang diakui sebagai best seller  biasanya membutikkan bahwa buku tersebut mudah masuk ke berbagai macam kalangan. Bila minat baca kita sudah mulai terbangun dengan kuat, tingkatkan dengan membaca buku-buku yang sifatnya lebih spesifik, misalnya spesifik ke suatu aspek kehidupan kita contohnya aspek bisnis,aspek psikologi dan aspek religius.


2.Tips Selalu Membawa buku


Bawalah buku bersama kita saat pergi. Banyak diantara kita tidak suka membaca dengan alasan "Tidak punya waktu luang". Padahal jika kita jujur pada diri sendiri, sebenarnya waktu itu selalu bisa kita dapatkan. Masalah sebenarnya adalah tingkat aktivitas yang tinggi, saran yang baik adalah dengan membawa buku bersama dengan kita pada saat kita berpergian. dengan demikian,pada waktu kita senggang kita bisa mengisinya untuk membaca buku yang telah dibawa.


3.Tips Target Membaca


Membiasakan diri untuk mentapkan target dalam membaca. Seorang pakar John C Maxwell pernah menyarankan untuk menetapkan sebuah target dalam hal berapa banyak buku yang akan kita baca dalam suatu periode tertentu. Oleh karena itu, kita bisa melatih diri kita untuk manajemen waktu yang baik.

Misalnya bila kita bisa menargetkan minimal 12 buku dalam setahun, maka kita bisa memprediksi bahwa setiap satu bulan kita hanya bisa menyelesaikan membaca 1 buku.


4.Tips Jangan Terbebani


Banyak dikalangan pembaca, awal-awalnya membaca karena ikut-ikutan teman atau keluarga. hal ini sangat tidak disarankan. karena akibatnya . saat membaca tidak akan fokus kepada isi dalam buku dan akhirnya diri sendiri akan terbebani atas aktivitas tersebut.

JIka dilihat dari realita, orang membaca kebanyakan dari paksaan, mislanya di sekolah seorang guru menyuruh siswanya untuk membaca di kelas, sebanyak 10 lembar. jika tidak membaca , maka ada hukuman yang harus diterima oleh siswa. ini adalah salah satu contoh paksaan dalam membaca.tentu bai yang sudah gemar membaca maka tidak masalah tetapi bagi yang belum pernah sama sekali membaca buku, akan menjadi permaslahan serius yang harus bisa terselesaikan.

Membaca merupakan suatuhal yang sangat baik , karena dengan membaca kita bisa mengetahui informasi dari berbagai daerah. sehingga dapat menambah wawasan serta pengetahuan dalam hidup kita. Penting untuk diingat dalam meningkatkan intensitas kita dalam membaca, maka dengan sendirinya kita sedang berinvestasi untuk diri kita sendiri bai masa depan yang cerah.

Semakin banyaknya pengetahuan yang kita miliki, maka semakin besar jugalah kesempatan untuk menjadi orang yang lebih bijaksana dalam bertutur kata serta bertindak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Menigkatkan Minat Membaca"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak, Kami akan membalasnya segera