Inilah Alasan Pesawat Terbang Kebanyakan Bewarna Putih


Papanpedia - Pesawat terbang merupakan salah satu penemuan Transportasi tercanggih saat ini. dengan alat transportasi ini, dapat memperpendek jarak tempuh antar pulau bahkan antar benua.


Pesawat terbang jika ingin mengudara, tentu harus melewati sebuah lintasan yang khusus untuk pesawat terbang. Lintasan ini biasanya hanya terdapat di bandara. Karena memang lintasan yang digunakan untuk pesawat terbang tidak sembarangan. Berbicara soal bandara, bandara merupakan tempat berkumpulnya pesawat terbang untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Hal ini berlaku untuk pesawat komersial.

Jadi jika anda ingin pergi ke tempat yang jauh dan ingin menggunakan pesawat terbang, maka bisa mengunjungi bandara terdekat. Tetapi pernahkah anda berfikir , saat hendak  menaiki pesawat terbang di bandara. warna pesawat tersebut kebanyakan bewarna putih dengan warna utama ?

Dalam dunia pesawat terbang, memang tidak semua memiliki warna dasar putih. Seperti contohnya Pesawat Terbang WIZZ Air yang berasal dari Hungaria ini memiliki warna dasar Ungu, sedangkan pesawat S7 Airlines yang berasal dari Siberia dengan warna dasarnya hijau cerah.

Tentu warna pesawat tersebut, hanya sekian persen dari total pesawat terbang yang di produksi dengan cat utama warna selain putih. Selain dapat menghemat biaya dalam membeli pesawat terbang yang berwarna putih. Juga berdampak pada fungsi warna putih sendiri yang membuat aman penumpang yang berada di dalam pesawat. Kok bisa ?

Pernahkah anda memiliki baju bewarna putih dan warna hitam ? jika mempunyai, coba pakailah baju tersebut dengan bergantian, lalu anda pergi ketempat yang terkena sinar matahari. Cobalah 5 menit saja. Pasti anda akan merasa kepanasan yang berbeda saat memakai baju dengan warna putih.  Dan saat memakai baju dengan warna hitam, anda akan merasakan suhu panas yang meningkat.

Hal ini disebabkan karena faktor warna pada baju tersebut. Warna putih identik dengan memantulkan sinar matahari sehingga seseorang yang memakai baju dengan warna putih, akan merasa lebih dingin dari pada warna hitam. Karena warna hitam berisifat menyerap panas, sehingga seseorang yang memakai warna hitam akan cepat kepanasan.

Logika seperti inilah yang dipakai dalam pemilihan warna dasar pesawat. Warna dasar pesawat yang berwarna putih dapat melindungi penumpang serta benda-benda yang mudah terbakar di dalam pesawat terbang.

Selain faktor keamanan penumpang, pesawat terbang yang berwarna putih juga bisa menghemat anggaran saat membeli pesawat terbang hal ini karena warna tambahan yang digunakan saat mewarnai pesawat terbang memiliki biaya yang tidak sedikit, bisa sampai 50.000 Dollar sampai dengan 200.000 Dollar dalam sekali pemilihan warna.

Faktor yang menyebabkan pesawat terbang bewarna putih lainnya, adalah Warna putih bisa menghemat bahan bakar pesawat terbang. Pesawat terbang dengan warna tertentu , memiliki lapisan cat warna yang berbeda, warna –warna tersebut di aplikasikan ke dalam bodi pesawat setelah warna putih, berat dari lapisan cat yang bewarna ini bisa mencapai 450kg. Hal ini tergantung seberapa luas area berwarna yang digunakan.

Dari penjelasan diatas, semakin berat pesawat maka semakin besar pula mesin untuk bekerja, sehingga bahan bakar bisa lebih banyak dipakai dan akan berdampak pada membengkaknya biaya pembelian bahan bakar.

Bagaimana sudah tahu kan, alasan kenapa pesawat terbang yang kita lihat biasanya berwarna putih. Mungkin begitu saja informasi pengetahuan ini . semoga dapat menambah wawasan anda

Subscribe to receive free email updates: